Fenomena keadaan keringat berlebih atau kita sebut dengan  hyperhidrosis, adalah suatu keadaan tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan dan banyak, serta di luar dari keadaan normal yang terjadi. Pada keadaan hyperhidrosis ini, tubuh yang seharusnya tidak perlu mengeluarkan keringat akibat kompensasi berlebihan tubuh dalam upaya menyesuaikan dengan suhu di sekitar, tetapi terjadi sebaliknya. Tubuh mengeluarkan keringat terutama dirasakan pada daerah telapak tangan, kaki, ketiak serta dahi.

ANDA MEMILIKI PROBLEM KERINGAT BERLEBIH? WASPADAI HIPERHIDROSIS

Tanpa adanya suatu keadaan melakukan aktivitas fisik berlebih, seperti olahraga ataupun keadaan suhu yang panas, maka pada orang-orang yang mengalami hiperhidrosis akan mengeluarkan keringat secara berlebihan. Akibat dari keadaan ini banyak orang yang mengalami suatu keadaan takut apabila akan bertemu dengan orang di sekitar ataupun mengalami suatu masalah dalam kegiatan sehari-hari terutama dalam melakukan pekerjaan. Hiperhidrosis yang tidak diatasi dengan tepat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Teradapat beberapa gejala yang terjadi pada keadaan hyperhidrosis:

    1. Keringat berlebihan terjadi bukan karena cuaca panas ataupun kegiatan fisik berlebih, seperti olahraga. Sehingga dengan aktivitas fisik yang rutin, seperti membuka pintu, memegang pena serta duduk sembari mengetik laptop dapat mengeluarkan keringat secara berlebihan.
    2. Kondisi ini mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga produktifitas harian mengalami masalah, yang apabila tidak ditangani memberi dampak Panjang ke depannya.
    3. Akibat keringat berlebihan yang terjadi, hal itu mengakibatkan keadaan kulit mengalami masalah infeksi. Infeksi yang tidak ditangani, juga dapat menyebabkan masalah berkelanjutan.

Hiperhidrosis  merupakan suatu keadaan akibat system saraf tubuh secara langsung memicu kelenjar keringat sehingga keringat keluar secara berlebihan. Beberapa penyebab yang mengakibatkan keadaan ini dapat digolongkan menjadi dua, yaitu hiperhidrosis primer dan hyperhidrosis sekunder.

    1. Hiperhidrosis primer, adalah suatu jenis hyperhidrosis yang bukan diakibatkan karena keadaan kondisi medis sebelumnya. Keadaan ini disebut juga hyperhidrosis terfokus, karena biasanya muncul pada satu atau beberapa area tubuh, paling sering di ketiak, tangan, kaki ataupun dahi. Keadaan ini terjadi biasanya pada kedua sisi tubuh dan sudah dialami oleh seseorang sedang usia anak-anak atau remaja. Tetapi kondisi ini diduga karena keadaan bawaan (genetik) dalam keluarga.
    2. Hyperhidrosis sekunder, yaitu keadaan yang terjadi akibat ada suatu penyakit/kondisi medis yang mendasari hiperhidrosis ini terjadi. Beberapa contoh penyakitnya, yaitu hipertiroid, menopause. Selain akibat medis, hiperhidrosis juga bisa diakibatkan karena konsumsi makanan atau suplemen tertentu.

Perlunya penangan pada keadaan hiperhidrosis ini disesuaikan dengan penyebab yang terjadi. Apabila akibat keadaan medis sebelumnya, maka perlu penanganan pada penyakit tersebut. Sehingga tidak dapat dipatok bahwa dalam penanganan hyperhidrosis satu pasien dengan pasien yang lain sama. Harus terlebih dahulu dikonsultasikan dengan ahlinya. Selain itu, keadaan keringat berlebihan ini harus ditangani dalam upaya meningkatkan produktifitas seseorang, karena terganggu akibat hiperhidrosis ini. Juga untuk mengurangi rasa malu pada beberapa orang yang mengalami keadaan ini.