Berkeringat merupakan upaya tubuh dalam mengkompensasi suhuu tubuh dengan lingkungan sekitar. Kita dapat berkeringat karena ada suatu kelenjar keringat yang diaktifasi oleh saraf simpatis di dalam tubuh. Berkeringat, dapat menjadi suatu masalah apabila pengeluaran keringat tersebut tidak pada waktunya. Seperti, ketika melakukan aktifitas berat (olahraga) maka tubuh akan mengeluarkan keringat yang banyak, itu merupakan hal yang wajar. Tetapi apabila kita berkeringat secara berlebih maka hal itu merupakan keadaan yang tidak wajar. Dalam dunia medis, keadaan itu disebut hiperhidrosis.

menderita gangguan keringat berlebih sungguh mengganggu, apalagi bertahun-tahun

Seseorang dapat mengalami hiperhidrosis, apabila orang tersebut memiliki keluhan keringat berlebih walaupun dalam keadaan aktifitas norma(biasa), atau bahkan dalam keadaan diam. Orang yang mengalami hal tersebut, dapat merasakan basah pada daerah permukaan tangan, kaki, ketiak hingga dahi. Selain daripada masalah keluhan yang sudah disebutkan tadi, hiperhidrosis ini membuat seseorang mengalami gangguan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Baik dalam pekerjaannya, terutama orang-orang yang bekerja di kantor atau pekerja yang bekerja di bidang elektronik. Maupun terganggu dalam aspek sosialnya. Hal ini menjadikan seseorang yang mengalami hiperhidrosis menjadi canggung apabila berinteraksi dengan orang di sekitarnya, juga dapat membuat orang yang ada di sekitarnya tidak nyaman, karena keadaan hiperhidrosis ini dapat menyebabkan infeksi dari bakteri yang ada di kulit, sehingga beberapa orang yang mengalami hiperhidrosis memiliki bau badan yang kurang sedap.

Hiperhidrosis bertahun-tahun

Keadaan hiperhidrosis, tidak terjadi semata-mata dalam hitungan hari ataupun bulan, melainkan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Sehingga, seseorang baru menyadarinya setelah mengalami gangguan produktifitasnya. Dalam hal ini, hiperhidrosis harus dapat dibedakan keadaan penyebabnya mengingat beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat menyebabkan hiperhidrosis, seperti hipertiroid atau gangguan metabolisme lainnya.

Langkah penting menghadapi hiperhidrosis

Maka dari itu, pentingnya seseorang yang mengalami hiperhidrosis untuk memeriksakan dirinya, untuk mengetahui penyebab terjadinya hiperhidrosis, sehingga dapat dilakukan pengobatan sesuai dengan penyebabnya. Juga sangat disarankan untuk melakukan konsultasi ke spesialis di bidang tersebut, sehingga dalam penentuan penanganan yang diperlukan tidak mengalami masalah. Hal ini juga membantu dalam menolong orang yanng mengalami hiperhidrosis tidak mengalami gangguan dalam bidang pekerjaan maupun sosialnya.